Pelepasan PRAKERIN SMK Wira Informatika Global Angkatan Ke-6 Tahun Pelajaran 2018/2019

SMKWIRAINFORMATIKAGLOBAL.sch.id – Pada hari Sabtu, 29 Desember 2018 dalam upaya pemenuhan kewajiban intrakurikuler Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). SMK Wira Informatika Global melaksanakan kegiatan upacara pelepasan PRAKERIN siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia untuk melaksanakan PRAKERIN di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) tahun pelajaran 2018/2019.

Upacara pelepasan siswa PRAKERIN dihadiri oleh seluruh siswa-siswi kelas XI, kepala sekolah, panitia PRAKERIN, dewan guru beserta staf SMK Wira Informatika Global. Upacara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung dengan lancar hingga akhir kegiatan upacara.


Bapak Asep Ahmad Suryanullah, S.Kom sebagai ketua panitia PRAKERIN melaporkan bahwa kegiatan PRAKERIN tahun pelajaran 2018/2019 siap dilaksanakan, dengan diikuti oleh 44 siswa-siswi yang terdiri dari kelas XI Multimedia 1 dan XI Multimedia 2 yang akan ditempatkan di beberapa Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) yang ada di Sukabumi. Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) yang dipilih merupakan Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) yang bergelut dibidang Multimedia seperti bidang fotografi, desain grafis, percetakan, dan bidang lainnya yang masih berkaitan dengan multimedia. Siswa/I akan diberangkatkan untuk melaksanakan PRAKERIN yaitu kemungkinan ada yang tanggal 2 Januari 2019 dan ada yang berangkat pada tanggal 15 Januari 2019.

Upacara dipimpin langsung oleh kepala sekolah bapak Aan Syaripudin, S.Pd., M.Pd. selaku penanggungjawab kegiatan PRAERIN didampingi panitia PRAKERIN, dewan guru dan staf untuk melepas secara resmi dan penyematan secara simbolik kepada peserta pedidik pada kegiatan PRAKERIN SMK Wira Informatika Global. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa PRAKERIN dilaksanakan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Selain itu PRAKERIN juga dilaksanakan dalam rangka siswa menerapkan langsung etika, skill, tata cara berkomunikasi, bersosialisasi secara nyata di dunia kerja, sesuai yang telah diajarkan di sekolah dan tentunya mengasah etos kerja.

Ibu Ernawati selau kepala TU si SMK Wira Informatika Global menyampaikan pesan agar setiap siswa-siswi yang melaksanakan PRAKERIN harus bisa menjaga etika pergaulan di tempat PRAKERIN, harus memiliki dedikasi yang tinggi serta bisa menjaga martabat sekolah, dan bisa melaksanakan PRAKERIN ini dengan profesional dengan kinerja yang baik sebagai wujud pengamalan ilmu yang telah didapat disekolah.

Dengan adanya PRAKERIN ini diharapkan siswa dapat lebih siap dan mengetahui seperti apa gambaran Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) setelah mereka lulus nanti, serta mengasah dan menambah ilmu pengetahuan yang akan didapat dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) secara langsung. Karena sesuai yang dikatakan kepala sekolah, siswa lulsan SMK dituntut untuk siap kerja dan memiliki skill sesuai bidang keahliannya.

Kegiatan yang perlu dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan kegiatan PRAKERN selama 3 bulan mulai dari bulan Januari hingga Maret. Pada waktu tersebut siswa memiliki tanggungjawab seperti mengisi jurnal kegiatan dan melengkapi persensi melalui jurnal  kegiatan. Selanjutnya pada Bulan Maret 2019 siswa-siswi diharapkan dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN karena merupakan syarat untuk mengikuti Ujian Nasional. Kemudian setelah siswa-siswi menyelesaikan laporan, akan dilaksanakan Sidang PRAKERIN sebagai laporan dan pertanggungjawaban seluruh siswa-siswi selama melaksankan kegiatan PRAKERIN.

44 Commentsto Pelepasan PRAKERIN SMK Wira Informatika Global Angkatan Ke-6 Tahun Pelajaran 2018/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *